Meizu M3 note Terbaru 2016 dan Spesifikasi

Di tahun 2015 tercatat dari sepuluh besar dari pembuat smartphone di dunia, tujuh diantaranya berasal dari tiongkok. Kualitas produk mem... thumbnail 1 summary
Di tahun 2015 tercatat dari sepuluh besar dari pembuat smartphone di dunia, tujuh diantaranya berasal dari tiongkok. Kualitas produk membuat brand tionkok bisa besaing dengan vendor global lainnya. Brang dari tiongkok ini tidak  bisa dianggap remeh, jika dulu mereka hanya sekedar pabrikan smartphone yang bisa di beri cap merek apa saja, sekarang tidak lagi. Sebagian dari mereka sudah berfikir dan bertindak layaknya barang global. Mereka memiliki R&Dsendiri untuk produknya, termasuk mengembnagkan OS dan sofware aplikasi sendiri.

Brand Meizu mungkin masih asing bagi sebagian dari kita , dan kiprahnya pun baru di mulai tahun lalu di indonesia, itupun hanya terbatas di dalam penjualan online. Tetapi di Tiongkok Meizu menjadi tiga brand ternama bersama Xiaomi dan Huawei. Bahkan Meizu dianggap sebagai brand yang perkembangannya paling pesat di tiongkok.

Desain
Dua tahun yang lalu mungkin hanya smartphone high-end yang bisa menggunakan bahan metal sebagai casingnya. Tetapi sekarang banyak smartphone terjangkau sudah banyak menggunakan bahan yang sama. Sekarang yang membedakan adalah kualitas bahan casing metal yang digunakan, kekakuan,dan tingkat presisi pembuatan. Meizu M3 note terbuat dari bahan metal alumunium 6000 series , angka ini menunjukkan tingkat kualitas bahan tersebut, semakin tinggi angkanya semakin ringan tetapi semakin keras. Angka 6000 series pada alumunium sudah masuk pada setandar bahan yang di gunakan oleh industri pesawat terbang. Bahan metal ini membentuk lengkung pada sisi bodi yang walaupun agak terasa licin, tetapi nyaman di genggam. Meizu M3 note di desain sangat sederhana dengan desain smetris, keseimbangan bagian kanan dan kiri yang di usahakan sempurna mungkin. Terlihat pada tampak muka dari peletakan sensor (prokimity&ambient) dan kamera depan yang sejajar dan sama jaraknya mengapit speaker, bahkan diameter lingkaran kamera depan dan sensor yang bisa berbeda ukuran di buat sama.

Desain simetri senakin terlihat dengan lubang speaker di bagian bawah yang terbagi dua, mengapit lubang charging USB 2.0, walupun sebenarnya jajaran lubang sebelah kanan yang mengelarkan suara, sementara sebelah kirinya berfungsi sebagai mic. Lubang mic untuk mengisolasi suara sekitar terletak di bagian atas, bersebelahan dengan jack audio.Meizu M3 note tersedia dalam 3 warna metal, gold, gray dan silver. Sementara untuk urusan sensor pengaman untuk sidik jari juga di sematkan fungsinya untuk mengunci smartphone. Selain lebih cepat tidak perlu takut di intip sperti saat menggunakan perlindungan pasword, PIN dan lainnya. Sensor sidik jari yang sama bisa di gunakan juga untuk mengunci aplikasi tertentu yang kita inginkan, misal gallery foto, aplikasi chat,SMS,dll, sehingga ketika device di pinjam oleh rekan atau anggota keluarga, ada bagian aplikasi dan data yang selalu terproteksi. Proteksi yang sama bisa diberikan kepada file, dengan memindahkan ke Vult yang baru bisa dibuka dengan memasukan password atau sidik jari.

Layar
Meizu M3 note memiliki layar 5.5 dengan resolusi full HD 1920x1080 menggunakan layar LCD dengan tecnologi LTPS ( Low Temperature Poly-Silicon ). Keuntungan tecnologi LTPS ini layar memiliki kepadatan resolusi yang lebih tinggi, tetapi kosumsi daya yang rendah. Panel LCD disusun dengan urutan GFF ( Glass Film Film ) yang menyatukan antara LCD, dan lapisan matrix sensor secara berlapis satu keesatua, sehingga bisa menghasilkan layar yang sangat tipis dengan ketebalan dibawah 0,5 mm. Ketipisan layar ini yang nantinya berperan memberi ruang kepada kapasitas baterai lebih besar tanpa harus menambah ketebalan bodi.

Di atas panel LCD ini di beri pelapis kaca film 2.5D dengan tepian melengkung pada sudut-sudutnya dengan pelapis tahan gores T2X-1. Pelapis anti gores ini mirip dengan fungsinya Gorilla Glass yang banyak kita kenal namanya, hanya dibuat pabrikan yang berbeda, Dinorex dari jepang lapisan oleophobic pada kaca pelindungnya juga baik, sidik jari juga tidak mudah menempel  dan mudah dibersihkan. Kualitas yang dimiliki Meizu M3 note dari segi kecerahan, kontras dan warna masuk dalam kategori sangat baik untuk sebuah mid-range smartphone. Sudut pandang layarnya lebar dan tetap mudah terbaca di bawah matahari.

Prosesor
Prosesor Mediatek Helio P10 menjadi otak utama dari Meizu M3 note. Seri prosesor ini adalah seri prosesor midrange terbaru dari mediatek, untuk menemani high-end prosesornya seri Helio X20 dan X25. Prosesor ini untuk menandingi prosesor mid-range dari Qualcomm yang baru, snapdragon 600 series. Dalam uji benchmark scor yang didapat sekitar hampir 45 ribu. Jika dibanding benchmark high-end device terbaru sekarang yang mencapai score di atas 130 ribu, kesannya beancmark ini hanya 1/3nya. Tetapi jika kita menengok ke belakang score Meizu M3 note ini melampaui high-end device dua tahun lalu, seperti LG,HTC M8, Sony Z3 dan lain-lainnya.

Dalam uji coba dalam kecepatan prosesor melaluiGeekbench3, single core mendapat angka 802 dan multi core 3002 . Sebagai perbandingan jajaran smartphone high-end tercepat saat ini memiliki single core diatas2000 dan multi core diatas 6000.  Meizu M3 notetersedia dalam 2 tipe, pertama denngan RAM 2GB dan internal storange 16 GB, yang kedua dengan RAM 3GB dan 32GB internal storange. Secara keseluruhan bisa dikatakan kebanyakan aplikasi bisa berjalan dengan baik dan lancar di Meizu M3 note, perpindahan aplikasi juga berjalan dengan baik, Game yang membutuhkan grafis yang tinggi seperti moderen combat, blackout, bisa berjalan dengan lancar

Flyme OS
Jajaran Meizu M3 note memiliki OS yang mereka sebut Flyme OS, yang sebenarnya OS Android yang di kostumunisasi,Saat ini Meizu M3 note menggunakan Flyme OS 5.13 yang di bangun berdasarkan android OS 5.1 Lollipop. Tampilan antar mukanya sederhana bersih sekaligus menarik memiliki karakter yang senada, Icon-iconnya dirancang dengan garafis yang baik. Untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan UI Flyme ini, mungkin akan sedikit butuh penyesuaian pada awalnya , tetapi akan segera biasa dan menemukan hal yang baru. Semua aplikasi di tampilkan dihalaman depan tidak di pisahkan dengan standard android yang menyediakan bagian depan dan app drawer.Flyme OS sangat rinagnterdiri dari dua versi, versi global dan versi untuk pasaran tiongkok. kita bisa mudah pindah memilih versi apa yang kita ingin gunakan.

Untuk versi global bisa dikatakan vesi OS yang hampir tidak ada bloatware. Seperti kita ketahui dan alami, banyak sekali brrand dari tiongkok menyematkan app 3RD party yang sebenarnya belum tentu kita inginkan dan gunakan. bahkan beberapa aplikasi kemungkinan membawa misi iklan.  Pada Flyme OS global bahkan aplikasi google saja hanya tersedia play store, sisa aplikasi lainnya harus kita pilih dan instal sendiri. Broser internet bawaannya mirip dengan broser safari di OS, clean dan cepat. Satu yang menjadi ciri khas di Flym OS mereka mencoba untuk menyederhanakan tombol tombol navigasi pada tombol device. Biasanya kita menemukan setidaknya tiga tombol navigasi pada smartphone android, home button, back button dan resent app button . bahkan dahulu di saat baru pertama keluar, smartphone android membutuhkan empat tombol utama termasuk empat tombol menu. Dengan Flyme OS Meizu M3 note hanya membuat satu tombol home button saja untuk semua keperluan tombol navigasi utama. Ketika di tap sekali tombol home ini akan berfungsi sebagai tombol back, jika di klik akan kembali pada layar utama, jika di tap end hold  kan menjadi tombol power mematikan smarphone dan menguncinya. Swipe dari sebelah home button ke arah layar kan di buka aplikasi yang sedang berjalan. Meizu M3 note menamakan fungsi navigasi satu tombol dan scurity fingerprint dengan istilah mTouch.

Kamera
Kamera belakang Meizu M3 note berukuran 13 MP dengan aperture f/2.2 dengan auto fokus PDAF. Kamera depan untuk selfie 5 mp dengan aperture f/2.0  untuk menolong foto selfie yang lebih jelas di tempat remang  dan di lengkapi beauty mede. Dengan fitur menual kita bisa mengatur sendiri shutter speet ISO, jarak fokus exposure, dll, tersedia juga fitur slow motion untuk merekam vidio dengan gerakan lambat dan ligh field untuk menetukan fokus setelah foto di ambil. Kualitas kameranya cukup baik dalam artian adanya cahaya yang cukup misal outdoor di bawah sinar matahari, fokusnya cepat dan gambar yang dihasilkan memiliki detail yang baik, terutama pemotretan dengan jarak dekat. Saat lowlight kecepatan fokus sedikit berkurang dan hasil foto memiliki noise. Tetapi secara keseluruhan dibanding kamera smartphone yang sekelas bisa dikatakan hasil foto dari Meizu M3 note masuk dalam jajaran salah satu yang terbaik.

Baterai
dibanding dengan pendahulunya Meizu M2  yang memiliki baterai 3100 mAH, pada Meizu M3 note berhasil dibenamkan 4100 mAH yang berarti 32% lebih besar kapasitasnya. tetapi tidak membuat device ini menjadi lebih tebal malahn ketebalannya berkurang dari 8.3 mm menjadi 8.2mm. Baterai pada Meizu M3 note bertipe lithium polymer, non removable atau baterai tanam. untuk pamakayan sehari-hari yang cukup berat. ketahanan bateray cukup mencukupi untuk bertahan dari pagi sampai malam hari menjelang tidur dengan screen on time di atas 5 jam. jika digunakan untuk pemakayan setandard baterai bisa digunakan 2 hari. Dalam ujicoba Meizu M3 note digunakan untuk memutar sebuah vidio terus menerus tanpa berhenti, dan men-set kecerahan layar 50% baterai 4100 mAH nya hanya sanggup memutar 1 season seri Dare Devil dan mengulangnya kembali selama hampir 17 jam sebelum akhir habis.


Spesifikasi Meizu M3 note
Jaringan 
  • Dual SIM (Nano SIM, Dual stand-by ) GSM/HSPA/LTE
Dimensi
  • 153.6x 75 .5 x 8.2 mm
Layar
  • LTPS IPS LCD capasitive touchcreen 16M color 5.5 inch, 1080x1920 pixels ( ~ 403  ppi pixel density )
OS
  • Android OS v5.1 (Lollipop flyme UI
Chipset
  • Mediatek MT6755 Helio p10 quad-core 1.8 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex A53
GPU 
  • Mali-T860MP2
Kamera 
  • 13 MP f/2.2 phase detection autofokus dual LED ( dual Tone) flash , kamera depan 5 MP
Audio Player 
  • MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Vidio Player
  • MP4/H.264
Koneksi
  • Wi-FI, 4G, LTE, Bluetooth, microUSB v2.0 USB OTG, jack audio 3.5 mm
Memori
  • 16 GB, 2GB dan 3GB, 64GB, MicroSD up to 256GB 
Baterai
  • Non removable 4100 mAH battery

No comments

Post a Comment