Kembalikan Foto Yang Terhapus For Android

Terkadang kehilangan foto bisa jadi lebih menyebalkan dibanding kehilangan ponsel itu sendiri. Karena ponsel hilang bisa diganti dengan me... thumbnail 1 summary
Terkadang kehilangan foto bisa jadi lebih menyebalkan dibanding kehilangan ponsel itu sendiri. Karena ponsel hilang bisa diganti dengan membelinya yang baru, namun jika foto yang hilang momen yang telah terlewatkan tidak akan bisa kembali lagi, apalagi jika momen pada foto tersebut sangat langka atau cukup berharga. Bagi anda yang mengalami kehilangan foto berharga akibat terhapus secara sengaja atau tidak masih ada sedikit harapan dengan mengembalikanya melalui bantuan aplikasi meski bisa jadi tidak akan kembali 100% namun kemungkinan untuk terselamatkan masih ada.


Cara pertama :
  1. Persiapan ponsel : Sebelum menyelamatkan data foto yang terhapus usahakan jangan menggunakan ponsel untuk menyimpan data atau mengambil foto. Hal ini dikarenakan agar data baru tersebut tidak akan menimpa ulang media simpan yang ada. Jika media simpan telah tertimpa data lain maka proses penyelamatan data sebelumnya akan menjadi semakin sulit.
  2. Pasang di komputer : Dari komputer yang berbasis windosw  atau Mac OS, unduh dan pasang aplikasi android data recovery besatuan FonePaw melalui tautan Https;//www.fonepaw.com/android-data-recofery/.
  3. Aktifkan USB debugging : Hubungan ponsel ke komputer melalui kabel USB. Sebelumnya aktifkan mode USB Debugging pada ponsel. Caranya dari ponsel android jalankan setting >Developper>Options>USB debugging. Jika Developer Option tidak terdapat pada menu setting, lakukan hal berikut pada menu setting geser ke bagian paling bawah dan tekan about phone. Cari build number dan tekan hingga 7x tekan tombol nack dan pilihan developer options akan tampil berada di atas about phone.
  4. Beri Injin Akses : Setelah berhasil di ponsel android akan tampil pertanyaan allow USB debugging ? tekan ok untuk melanjutkan.
  5. Pilih data : Pada tampilan aplikasi android data recovery di komputer anda akan melihat berbagai kategori atau folder yang akan dipindai untuk mencari tanda centang. Tekan next jika ingin melanjutkan.
  6. Proses Pemindaian : Selanjutnya aplikasi akan bekerja memindai media simpan dari ponsel tersebut. Proses waktunya tergantung dari kecepatan media simpan yang dimiliki serta banyaknya data yang ada di sana. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Penyelamatan data : Setelah pemindaian selesai aplikasi akan menampilkan jumlah serta jenis file yang berhasil diselamatkan pada jendela di sebelah kiri, untuk melanjutkan penyelamatan data tersebut tekan tombol recover yang ada di sudut kanan bawah. selanjutnya tentukan folder yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan data tersebut di komputer. semoga diantara data yang berhasil diselamatkan tersebut diantaranya merupakan data berupa foto yang anda cari. Sayangnya aplikasi ini berbayar dan anda harus menggunakan versi penuh untuk menyelamatkan data yang terdeteksi. Sementara itu untuk versi gratisnya hanya bersifat trial dan hanya bisa digunakan hingga 30 hari saja. Ponsel yang digunakan juga mesti di-root untuk mendapatkan akses penuh ke dalam sistemnya.
Cara kedua :
Bagi anda yang tidak memiliki persyaratan tersebut masih bisa mencoba dengan cara lain dengan menggunakan aplikasi recuva yang bersifat gratis dan bisa menggunakan ponsel tanpa perlu di root. Caranya sebagai berikut.

  1. Jalankan Recuva : Unduh dan pasang Recuva Http//:www.piriform.com/recuva. Perlu diketahui bahwa recuva hanya memeriksa data pada drive yang terdeteksi di komputer. Jika ponsel anda tidak terdeteksi sebagai driver baru setelah terhubung dengan kabel USB. Anda bisa memindahkan memori internal ke memory externa. Dari sini barulah hubungan ke komputer melalui kabel USB, sehingga memori tersebut akan terdeteksi sebagai driver baru.
  2. Ikuti panduan : Ikukuti panduan yang diarahkan oleh recuva pada pilihab jenis file picture dan lokasi dimana data yang ingin selamatkan. tentu drive dimana memori internal berada
  3. Deep Scan : pada halaman selanjutnya anda bisa langsung memulai pencarian dengan menekan start namun jangan lupa untuk memberi tanda centang pada pilihan Eneble Deep Scan. Proses ini akan memindai data secara lebih detail dan rinci. prosese ini akan memakan waktu cukup lama namun hasilnya akan lebih akurat dibanding saat anda tidak mengaktifkannya.
  4. Simpan di Folder : Setelah memindai recuve akan menampilkan file yang ada dengan tampilan preview disebelahnya. beri tanda centang pada file yang anda cari secara satu persatu atau seluruhnya. Tekan recuver untuk menyelamatkan file tersebut dan simpan di folder baru yang aman. maka proses sudah selesai semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment