Do'a Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Hijriyah Lengkap Tulisan Arab dan Latinnya 1438

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Hijriyah Lengkap Tulisan Arab dan Latinnya 1438 : Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu momen terpen... thumbnail 1 summary
Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Hijriyah Lengkap Tulisan Arab dan Latinnya 1438 : Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu momen terpenting umat islam karena beberapa ibadah dalam islam menggunakan acuan tahun baru hijriyah seperti ibadah puasa ramadhan, haji, hari raya idul fitri dan idul adha dan sebagainya. Penggunaan sistem kalender Islam atau Tahun Hijriyah belum dilakukan di masa Rasulullah SAW masih hidup. Juga tidak dilakukan di masa khalifah pertama, Abu Bakar Ash-Shiddiq ra. Secara singkat sejarah digunakannya sistem perhitungan tahun Islam bermula sejak kejadian di masa Umar bin Al-Khattab ra. Pada tahun 2016, tahun baru hijriyah 1438 H jatuh pada hari ahad 2 Oktober 2016. Oleh karena itu, pada hari sabtu tanggal 1 Oktober 2016 bada asar, kita semua telah memasuki awal tahun baru hijriyah 1438 H.
Seperti yang  menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, setiap menyambut tahun baru hijriyah selalu mengadakan doa bersama sekaligus muhasabah atas segala yang telah terjadi selama satu tahun kemarin.
Di bawah ini akan kami sampaikan doa akhir tahun dan awal tahun baru hijriyah. Bagi anda yang ingin mengamalkan silahkan diamalkan dan bagi anda yang tidak mengamalkan silahkan diabaikan saja karena berdoa merupakan sesuatu hal yang diperbolehkan kapan saja dan dimana saja.

Bacaan Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun Baru Hijriyah Lengkap Tulisan Arab dan Latinnya 1438

Bacaan Doa Awal Tahun Hijriyah
Dianjurkan untuk membaca doa awal tahun ini secara bersama-sama di rumah, di mushala atau di aula majelis taklim. Kalau pun tidak memungkinkan untuk dibaca secara berjamaah, dibaca secara sendiri-sendiri pun tidak mengapa.

Bacaan latin
Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Alhamdulillahirabbil alamiin. Wa shallallaahu ‘alaa (sayyidinaa) Muhammadin asrofil mursaaliin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii ajmain. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-‘azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni  ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa (sayyidina) Muhammadin wa ‘ alaa ‘ aalihi wa shahbihii wa sallam. Walhamdulillahirrablil alamiin.

Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah


Bacaan latin
Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdulilahirabbil alamiin. Washalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanatilmimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’autanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa-hu wawa’adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa-li wal ikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam” (dibaca 3 kali)

Demikian artikel tentang bacaan doa akhir tahun dan awal tahun baru hijriyah. semoga postingan diatas dapat membantu anda yang lupa atau belum mengetahui bacaan doa akhir tahun dan awal tahun baru hijriyah. Terima kasih.

No comments

Post a Comment